Cerita-cerita Keberagaman dari Maumere

 

Para sahabat, pembaca laune.id yang baik.

Pada tahun 2020 Komunitas KAHE terlibat dalam proyek seni bertajuk Voicing Bajo and Bugis People of Maumere, yang diinisiasi bersama dengan Teater Garasi/Garasi Performance Institute, didukung oleh VOICE. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan masyarakat Kampung Wuring, Maumere, Flores, NTT membangun ruang-ruang pertemuan yang inklusif bagi warga dari berbagai latar belakang dengan pendekatan kesenian. Proyek ini berhasil mendokumentasikan aneka isu, modal, dan potensi kampung, yang kemudian dipresentasikan dalam bentuk festival warga. Garis besar proyek ini bisa para sahabat ikuti di sini. 

Selama proyek, kami bertemu banyak kelompok di Kampung Wuring. Meski sepintas terlihat kecil, kampung yang sering dibagi menjadi tiga bagian ini ternyata dihuni oleh orang-orang dari berbagai latar belakang. Kami bertemu banyak keluarga dari berbagai budaya, agama, dan sejarah migrasi yang berbeda-beda. Kami berjumpa dengan berbagai sekte dalam agama-agama, juga kelas-kelas ekonomi yang beragam. Kami juga berkenalan kemudian bersahabat dengan kelompok waria (teman-teman lebih suka disebut waria daripada transgender).

Perjumpaan dengan ragam kelompok ini membawa kami pada kesimpulan 1) ada cerita yang tak tercatat tentang keberadaan berbagai kelompok dengan ragam latar belakang dan sejarah yang tersebar di Maumere; 2) meski terlihat tenang dan adem di permukaan, sebetulnya tidak banyak ruang/forum publik di Maumere yang dibangun dengan kesadaran inklusif untuk melangsungkan pertemuan antar ragam kelompok warga yang berbeda; 3) di Maumere, dari pihak pendidikan formal dan juga pemerintah belum banyak aktivitas yang digagas untuk menyikapi kenyataan-kenyataan perbedaan dan keragaman.

Merefleksikan pengalaman perjumpaan kami sebelumnya, tahun ini Komunitas KAHE menggagas sebuah inisiatif untuk mempertemukan warga dari berbagai konteks dan latar belakang di Maumere untuk saling mengenal, berbagi cerita dan sama-sama memaknai kenyataan perbedaan dan keberagaman di Maumere. Ruang pertemuan ini akan coba dibangun dengan perspektif dan media seni, sebagaimana praktik-praktik Komunitas KAHE sebelumnya. Kami ingin ingin mewujudkan gagasan artistic encounter yang inklusif untuk warga di kota Maumere. Kami juga memperluas area pun proyeksi kerja kami dengan coba mengajak para mahasiswa, frater, teman-teman dari Persatuan Waria Kabupaten Sikka (Perwakas), kelompok-kelompok anak muda, dan seniman-seniman di kota Maumere untuk menyikapi kenyataan perbedaan dan keragaman ini bersama-sama dengan perspektif, disiplin kerja serta pengalaman mereka masing-masing.

Aktivitas-aktivitas yang kami bayangkan akan terlaksana dalam keseluruhan proyek ini antara lain 1) membuat kelompok inklusif yang mencakup seniman, kaum muda dan warga dari berbagai latar belakang, yang dapat melakukan percakapan reguler/organik dan pengalaman mengunjungi satu sama lain, 2) membuat lokakarya intensif tentang isu keberagaman, dokumentasi kisah warga, dan penciptaan kesenian, 3) produksi pengetahuan/cerita tentang situasi keberagaman di Maumere dan menyajikannya dalam ragam seni dan media kreatif.

Kami amat berharap, rangkaian aktivitas ini sekurang-kurangnya 1) menciptakan ruang yang aman bagi warga untuk mengekspresikan diri mereka secara bebas dan jujur; 2) menyuarakan kisah-kisah perbedaan dan keberagaman dari perspektif periferal (bukan dari narasi besar); 3) mengupayakan sosialisasi serta diseminasi pengetahuan tentang isu perbedaan dan keragaman kepada generasi muda yang terkait erat dengan pendidikan formal dan institusi pemerintah.

Seluruh proses dan kisah-kisah menarik mengenai keseluruhan aktivitas yang telah direncanakan tersebut akan kami publikasikan melalui website ini. Kami berharap Cerita-cerita Keberagaman dari Maumere yang akan kami produksi tidak semata-mata kisah yang menggembirakan (dulce) tetapi juga menawarkan wacana transformatif yang bisa membuka perbincangan lebih jauh (utile).

Mari Para Sahabat! Nantikan!

Bagikan Postingan

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Cerita-cerita Keberagaman dari Maumere adalah program lanjutan dari perjumpaan Komunitas KAHE dengan masyarakat di kampung Wuring, dalam ruang lingkup dan perspektif yang lebih luas. Salah satu yang diusahakan dalam program ini adalah sebuah ruang temu (learning encounter) yang terbuka untuk melangsungkan percakapan antar warga, dari ragam latar belakang sosial, budaya dan agama khususnya pemuda, komunitas kreatif, kelompok LGBT, kampus, lembaga non pemerintah, serta media. […]

Kalender Postingan

Senin, Juni 24th